WORKSHOP KESELAMATAN PASIEN DI RUMAH SAKIT

Saat ini upaya meningkatkan mutu pelayanan dan meningkatkan upaya keselamatan pasien di rumah sakit sudah merupakan sebuah gerakan universal.  Paradigram “quality“ sudah bergeser ke arah paradigm  “quality – safety“. Ini berarti bukan hanya mutu pelayanan yang harus ditingkatkan tetapi yang lebih penting lagi adalah menjaga keselamatan pasien secara konsisten dan terus menerus. Demikian salah satu isi sambutan Bapak H. Muhamad Muslim, SPd.,M.Kes selaku Plt, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Selatan dalam acara Workshop Keselamatan Pasien di Rumah Sakit.

Kegiatan ini dilaksanakan oleh Seksi Pelayanan Kesehatan Rujukan Bidang Pelayanan Kesehatan pada tanggal 21 - 23 Maret 2017 di Hotel Aria Barito Banjarmasin. Peserta yang hadir sebanyak 111 orang yang berasal dari Tim Keselamatan Pasien Rumah Sakit dari 39 Rumah Sakit Pemerintah/Swasta/BUMN/TNI-Polri se Kalimantan Selatan.

Narasumber yang memberikan materi sebanyak 7 orang yang didatangkan dari Komite Nasional Keselamatan Pasien Rumah Sakit, dari Direktorat Pelayanan Kesehatan Kementerian Kesehatan RI dan juga dari PERSI Pusat. 

"Yang dimaksud dengan keselamatan pasien (patient safety) adalah proses dalam suatu Rumah Sakit yang memberikan pelayanan pasien yang lebih aman. Termasuk di dalamnya asesmen risiko, identifikasi, dan manajemen risiko terhadap pasien, pelaporan dan analisis insiden, kemampuan untuk belajar dan menindaklanjuti insiden, dan menerapkan solusi untuk mengurangi serta meminimalisir timbulnya risiko" demikian kata Bapak Dr Bambang Tutuko SpAn KIC selaku salah satu narasumber.
 

Dengan dilaksanakannya acara workshop ini diharapkan para peserta dapat :

  • Meningkatkan kemampuan tenaga kesehatan dalam memberikan keselamatan pasien di RS.
  • Meningkatkan pemahaman konsep keselamatan pasien RS.
  • Meningkatkan kemampuan petugas dalam mengidentifikasi risiko keselamatan pasien.
  • Dapat meminimal kejadian keselamatan pasien RS.
  • Dapat melakukan pencatatan dan analisa insiden keselamatan pasien.
  • Dapat merencanakan dan memberikan perbaikan terhadap kejadian keselamatan pasien RS.

 

Materi Workshop Keselamatan Pasien di Rumah Sakit dapat di download dengan cara klik materi dibawah ini :

materi1, 

materi2, 

materi3, 

materi4, 

materi5, 

materi6, 

materi7, 

materi8, 

materi9,  

materi10, 

materi11.