Saat Peringatan Germas, Gubernur Sahbirin Langsung Telepon Menkes

Selain aksi-aksi menarik yang diadakan panitia di tingkat provinsi, peserta kali itu juga berhadapan langsung secara live dengan beberapa kota di Indonesia yang juga mengadakan Germas.

Kalsel terpilih menjadi salah satu dari tujuh peserta teleconference.

Dalam teleconference juga tampak kegiatan germas yang diadakan di ibukota Jakarta bersama Wakil Presiden Jusuf Kalla dan Menteri Kesehatan RI Nila F Moeloek.

Tampak para Pemimpin Kalsel yang berdialog dengan pelaksana Germas pusat.

Bahkan Gubernur Kalsel kali itu juga turut berkomunikasi melalui sambungan telefon saat diadakan teleconference.

Memang dalam aksi Germas ini, Plt Kadinkes Kalsel HM Muslim mengaku tak hanya menggelar berbagai perlombaan namun juga ada teleconference serentak beberapa provinsi di Indonesia.

Di antaranya Provinsi Bali, Riau, Bengkulu, Jakarta, Kota Surabaya dan Palu.

Tak hanya dari daerah yang bisa melihat secara langsung kegiatan Germas di pusat, namun dari setiap penjuru provinsi di Indonesia bisa saling bertatapan.

“Senang sekali dalam Germas kali ini kita bisa langsung melakukan teleconference bersama Menteri Kesehatan dan Presiden RI Joko Widodo. Kegiatan ini diadakan serentak di seluruh Indonesia,” ujarnya.

Sementara itu, Menteri Kesehatan RI Nila F Moeloek dalam teleconference mengatakan permasalahan kesehatan angkanya masih tinggi dan terjadi di Indonesia.

Contohnya angka kematian ibu, tingginya angka kekurangan gizi, penyakit menular dan tidak menular.

Masalah kesehatan ini harus segera diselesaikan jika ingin meningkatkan kualitas hidup.

”Terutama di tingkat Puskesmas. Saya ingatkan kepada kepala dinas dan kepala Puskesmas agar mengerahkan seluruh potensi yang dimiliki dalam rangka menyelesaikan masalah kesehatan yang ada,” tambahnya.

 

sumber : BANJARMASINPOST.CO.ID