Rapat Kerja Kesehatan Daerah Provinsi Kalimantan Selatan Tahun 2020

     Pembukaan Rapat Kerja Kesehatan Daerah Provinsi Kalimantan Selatan Tahun 2020, Senin(8/03/2020). Dalam kesempatan tersebut, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Selatan menyampaikan laporan. Gubernur Kalimantan Selatan juga hadir untuk memberikan sambutannya sekaligus membuka acara dan expo Rakerkesda Provinsi Kalimantan Selatan 2020.

 

    Rapat Kerja Kesehatan Daerah yang melibatkan peserta Provinsi dan Kabupaten/Kota guna peningkatan pembangunan kesehatan khususnya di Kalimantan Selatan, selain mensosialisasikan berbagai kebijakan dan informasi penting yang terkait dengan pelaksanaan pembangunan kesehatan terutama Standar Pelayanan Minimal (SPM) sehingga diharapkan menjadi jembatan antara kebijakan pemerintah pusat (Kemenkes) dengan pemilik wilayah (Kepala Daerah) Rakerkesda Tahun 2019 ini mengusung tema: “Penguatan Upaya Promotif Preventif Kesehatan Membentuk Sumber Daya Manusia Unggul Menuju Kalimantan Selatan Maju Dan Terdepan”.

 

    Dalam acara tersebut seluruh oleh Walikota dan Bupati se Kalimantan Selatan, serta Kepala Dinas Kesehatan se Kalimantan Selatan melaksanakan penandatanganan Komitmen dalam rangka mendukung penguatan upaya promotif preventif kesehatan membentuk sumber daya manusia unggul menuju Kalimantan Selatan maju dan terdepan.

 

    Secara Umum pelaksanaan Rakerkesda ini bertujuan sebagai forum tingkat daerah bidang kesehatan dalam merumuskan rencana aksi yang akan dilakukan tahun 2020 untuk meningkatkan kinerja dan capaian indikator-indikator prioritas kesehatan yang melibatkan sinergisme, integrasi dan kolaborasi peran pemerintah provinsi dan kabupaten/kota untuk Mewujudkan Kalimantan Selatan Sehat.

Tujuan Khusus

  1. Merumuskan Rencana Aksi Kegiatan Tahun 2020 yang fokus pada peningkatan kinerja dan pencapaian indikator–indikator prioritas program kesehatan.
  2. Strategi pelaksanaan kegiatan Pembangunan Kesehatan tahun 2020
  3. Penerapan Re-Strukturisasi SKPD dan SPM Kesehatan di Provinsi dan Kabupaten/Kota
  4. Diperolehnya komitmen dan kesepakatan dalam peningkatan kinerja dan pencapaian indikator–indikator prioritas program kesehatan di Provinsi dan Kabupaten/Kota.
  5. Terinformasinya Kebijakan dan Rencana Implementasi Program Pembangunan Kesehatan Tahun 2020-2024.