PERTEMUAN PENGELOLAAN DATA SISTEM INFORMASI RUMAH SAKIT ONLINE

Berdasarkan Permenkes No 1171 Tahun 2011, setiap Rumah Sakit wajib melaporkan data ke Kementerian Kesehatan. Dimana Rekapitulasi data tersebut akan menjadi bahan pertimbangan pengambilan kebijakan pelayanan kesehatan rujukan.

Bertempat di Hotel Rattan Inn Banjarmasin pada tanggal 22-24 Februari 2017 dilaksanakan acara Pertemuan Pengelolaan Data Sistem Informasi Rumah Sakit (SIRS) Online.

Kegiatan diikuti sebanyak 39 perwakilan rumah sakit se Kalimantan Selatan yang terdiri dari rumah sakit pemerintah kabupaten/kota, rumah sakit provinsi, BUMN, TNI/Polri maupun swasta yang sudah terdaftar dalam Sistem Informasi Rumah Sakit Online Kementerian Kesehatan RI.

H. Muhamad Muslim, Spd.,M.Kes selaku Plt. Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Selatan dalam sambutannya mengatakan, "Data dan informasi sangat penting dan sangat dibutuhkan dalam bidang kesehatan, karena dapat mencerminkan kondisi kesehatan di masyarakat. Sedangkan data dan informasi dari Rumah Sakit memperlihatkan kualitas dan kuantitas pelayanan kesehatan di Rumah Sakit tersebut. Partisipasi Rumah Sakit dalam mengupdate data RS sampai saat ini masih rendah yaitu 22,30%. Disamping itu validitas data dari beberapa RS masih kurang, sehingga perlu adanya validitas data RS baik Rumah Sakit Pemerintah, Swasta maupun BUMN dan TNI/Polri yang berada dalam pembinaan Dinas Kesehatan Provinsi sebagai pemangku wilayahnya.

Salah satu tujuan dari pertemuan ini adalah tervalidasinya data RS di tiap Kabupaten/Kota, maka diharapkan partisipasi aktif dari masing-masing peserta supaya pada akhir pertemuan ini menghasilkan data RS yang valid. Selain itu, dengan bertambahnya kebutuhan data RS oleh berbagai pihak maka perlu ada perbaikan dari Sistem Informasi Rumah Sakit (SIRS). Sehingga SIRS kedepan lebih ringkas, lebih mudah dan lebih mengakomodasi kebutuhan semua pihak dan disesuaikan dengan perkembangan teknologi informasi saat ini. 

Materi Pertemuan dapat di download dengan mengklik materi1,  materi2,  materi3, materi4