Pertemuan Advokasi LP/LS dan Pemanfaatan Dana Desa dalam Pengendalian Malaria Tingkat Provinsi Kalimantan Selatan

 

Pertemuan Advokasi LP/LS dan Pemanfaatan Dana Desa dalam Pengendalian Malaria Tingkat Provinsi Kalimantan Selatan dibuka oleh Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan pada hari ini (26/11) di Hotel Aria Barito. Sekitar 78 orang menghadiri pertemuan tersebut.

Kegiatan ini bertujuan untuk mengetahui kebijakan pembangunan kesehatan nasional dan provinsi kalsel khususnya malaria, mengetahui sumber pembiayaan kesehatan (P2 Malaria) di tingkat kabupaten, kecamatan dan desa/kelurahan, untuk mengidentifikasi prioritas kebutuhan pembangunan kesehatan di desa/kelurahan serta mendorong partisipasi aktif petugas kesehatan dan masyarakat dalam perencanaan dan pembangunan desa yang dilakukan secara swakelola.

Dalam kegiatan ini diharapkan petugas kesehatan di tingkat kabupaten, kecamatan, puskemas dan desa/kelurahan bisa memetakan potensi pembiayaan kesehatan yg ada di tingkat desa/kelurahan dari berbagai sumber pembiayaan dan menambah wawasan dalam pemanfaatan dana desa, juga untuk membuka wawasan petugas kecamatan dan puskemas dalam memanfaatkan dana desa/kelurahan serta mengetahui permasalahan kesehatan dan teridentifikasinya program kesehatan prioritas yg ada di wilayahnya.

Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Selatan berharap keterlibatan stakeholder di tingkat provinsi kabupaten/kota, kecamatan, puskemas, dan desa/kelurahan sehingga terjalin komunikasi yg harmonis antara stakeholder.