Meriah! 10 Ribu Orang Turun ke Jalan-jalan Banjarbaru Ikuti Gerakan Masyarakat Hidup Sehat

Puluhan ribu warga mamadati Halaman Kantor Setdaprov Kalsel di Jalan Dharma Praja Banjarbaru, Minggu (12/11/2017).

Halaman ini memang biasa menjadi tempat berkumpul warga dari Kota Banjarbaru maupun daerah lain.

Namun suasana kali ini lebih meriah dan semarak.

Saat itu Dinas Kesehatan Provinsi Kalsel mengadakan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) sekaligus Peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) Ke-53.

Jalan sehat bersama yang diikuti sekitar 10 ribu peserta menjadi event pembuka. Selain jalan sehat, para peserta dihibur dengan suguhan musik.

Usai jalan sehat, berlanjut dengan senam bersama. Tak hanya orang dewasa, remaja hingga anak-anak pun dilibatkan dalam kegiatan ini.

Keceriaan terpancar dari wajah para peserta senam yang diiringi musik kekinian nan asyik.

Selain kegiatan umum, anak-anak peserta Germas juga diajak untuk gosok gigi bersama dan cuci tangan pakai sabun.

Para peserta gosok gigi dan cuci tangan pakai sabun juga dipandu oleh dokter yang mempraktikkan cara mencuci tangan dan gosok gigi yang benar.

Wajah antusias ditunjukkan para peserta sembari mengikuti secara seksama.

Kegiatan ini mereka lakukan untuk membiasakan perilaku hidup bersih pada anak-anak atau pada manusia di usia dini.

Sebelumnya mereka juga dihibur dengan tarian cuci tangan yang benar. Setelahnya para peserta anak-anak diajak untuk makan ikan, buah dan sayur di dalam bekal.

Kebiasan makan dari bekal ini diharapkan dapat membuat anak memilih makan makanan dari bekal dibanding dari jajanan di tepi jalan. Para orang tua juga diajak untuk melihat bekal yang sudah disiapkan panitia.

Orang tua diharapkan dapat mengikuti bekal yang sudah disiapkan oleh pantia. Itu dikarenakan makanan yang sudah disiapkan merupakan makanan dengan gizi seimbang dengan asupan protein dari telur rebus, vitamin dan karbohidrat.

Sementara para orang tua diajak untuk minum jamu bersama oleh para panitia. Jamu dipersembahkan oleh Kampung Jamu Loktabat Banjarbaru.

Tampak hadir kali itu, Wakil Gubernur Kalsel H Rudy Ressnawan beserta istri, Hj Rosdiawati, Ketua PKK Provinsi Kalsel Hj Raudatul Jannah, Sekdaprov Kalsel H Abdul Harris dan Plt Kepala Dinas Provinsi Kalsel HM Muslim.

Tak ketinggalan, Wakil Wali Kota Banjarbaru, Darmawan Jaya Setiawan juga turut hadir. 
Kegiatan Germas ini tak hanya dilakukan terpusat di Kota Banjarbaru, namun beberapa kegiatan di kabupaten dan kota lain juga sama.

Di antaranya di Kabupaten Banjar, Kabupaten Tanahbumbu dan Hulu Sungai Tengah (HST).

“Di Tanahbumbu ada lomba basket dAlam rangka Germas serta Peringatan HKN Ke-53, juga ada gowes di HST,” ucap Plt Kadinkes Kalsel HM Muslim saat ditemui di sela-sela acara.

Diakuinya, untuk tahun ini acara Germas dibuat lebih semarak dan meriah. Selain melibatkan lebih banyak masyarakat, kegiatan di dalam acara juga lebih banyak.

Selain itu ada puluhan hadiah jalan sehat yang sudah disiapkan panitia dengan hadiah utama satu buah sepeda motor yang disiapkan Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor.

Peringatan HKN 2017 ini bertema Sehat Keluargaku Sehat Indonesiaku. Tema tersebut sejalan dengan program Indonesia sehat yang menjadi program pemerintah kini.

Kebiasaan hidup sehat, tambah Muslim, harus dibiasakan sejak dini. Oleh karena itu, selain orang tua, anak-anak dari beberapa sekolah diundang dalam kegiatan ini.

Sikap senang makan buah, makan sayur, makan makanan yang direbus harus dilatih dan diajarkan ke anak. Harapannya anak Indonesia, khususnya Kalsel bisa lebih cerdas dan sehat.

 

sumber : BANJARMASINPOST.CO.ID