Gugus Tugas Pencegahan, Pengendalian dan Penanganan Covid-19 Kalimantan Selatan gelar jumpa pers di Dinas Kesehatan Provinsi

Rabu (18/3/2020) Suasana Jumpa Pers di Aula Bakumpul Sihat Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Selatan.

 

     Gugus Tugas Pencegahan, Pengendalian dan Penanganan Covid-19 Kalimantan Selatan mengadakan jumpa pers mengenai perkembangan virus corona, Rabu (18/3/2020) di Aula Bakumpul Sihat Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Selatan.


     Jumpa pers tersebut dipimpin langsung juru bicara Gugus Tugas sekaligus Kepala Dinas Kesehatan Prov. Kalsel, didampingi Direktur RSUD Ulin Banjarmasin, Kepala Biro Administrasi Pimpinan dan Kepala Dinas Kominfo Kalsel.


    Salah satu dari enam pasien PDP (Pasien Dalam Pengawasan) Covid-19 dinyatakan meninggal dunia pada Rabu (18/3/2020) dini hari. Pasien tersebut adalah warga Banjarmasin yang sempat dirawat di ruang isolasi. Berdasarkan hasil pemeriksaan tim dokter di RSUD Ulin, pasien tersebut terindikasi penyakit pneumonia dan diabetes. Selain itu, sudah dilakukan pengambilan sampel terhadap pasien yang meninggal dunia dan sudah dikirim ke Litbang Kementerian Kesehatan untuk memastikan penyebabnya. Hasilnya masih ditunggu bersama dengan sampel 5 PDP Covid-19 lainnya.


    Pasien Ulin 1 masih dalam perawatan dengan gejala sesak nafas dan suhu tubuh 36,7 derajat. Sedangkan, pasien Ulin 2, 3, 4, 5 mulai stabil dan membaik. Selain itu, terdapat pula satu orang Anak Buah Kapal (ABK) yang dirujuk, namun kriterianya tidak memenuhi PDP, suhunya masih 36 derajat celcius mengalami pilek dan flu. ABK tersebut dirawat di salah satu rumah sakit swasta di Banjarmasin. Sebenarnya ini hanya pasien biasa namun karena masuk melalui jalur rujukan, maka dilakukan prosedur PDP.